Cara Membackup Data di Xiaomi dengan Mudah dan Aman

0 Comment

Link
Cara Backup data Xiaomi

Cara Backup data Xiaomi – Data pribadi tentu saja sangat penting dan berharga yang ada dalam smartphone atau dimanapun. Siapapun tentu tidak ingin kehilangan data-data seperti foto, video, kontak, pesan, dokumen, dan lain-lain yang tersimpan di ponsel Xiaomi kalian bukan.

Oleh karena itu,Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah dengan cara backup data secara berkala untuk mencegah kehilangan data akibat kerusakan, pencurian, atau penggantian ponsel.

Backup data adalah proses menyalin dan menyimpan data dari ponsel ke media penyimpanan lain, seperti komputer, kartu SD, atau cloud.

Jadi Dengan backup data,kapapun kalian bisa mengembalikan data ke ponsel baru atau lama jika terjadi sesuatu.

Selain itu mencadangkan data juga bisa membantu kalian menghemat ruang penyimpanan ponsel dengan menghapus data yang tidak perlu.

Namun, bagaimana cara backup data di Xiaomi yang mudah dan aman? Apa saja yang perlu dipersiapkan dan lakukan? Apa saja keuntungan dan kekurangan dari masing-masing metode backup data? Artikel ini akan menjawab semua pertanyaan Anda tentang cara backup data di Xiaomi. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Cara Backup Data di Xiaomi ke Komputer

Cara Backup Data di Xiaomi ke Komputer

Salah satu cara backup data di Xiaomi adalah ke komputer. Kalian bisa menggunakan kabel USB atau aplikasi Mi PC Suite untuk menghubungkan ponsel Xiaomi ke komputer.

Lalu,silahkan bisa memilih data apa saja yang ingin dibackup, seperti foto, video, musik, dokumen, dan lain-lain.

Berikut adalah langkah-langkah cara backup data di Xiaomi ke komputer:

  1. Pastikan ponsel Xiaomi memiliki baterai yang cukup dan komputer  sudah menyala.
  2. Hubungkan Hp Xiaomi ke komputer menggunakan kabel USB. Jika muncul notifikasi di ponsel, pilih opsi Transfer File.
  3. Buka folder ponsel Xiaomi kalian di komputer. Kalian bisa melihat berbagai folder yang berisi data ponsel kalian, seperti DCIM, Music, Documents, dan lain-lain.
  4. Pilih folder atau file yang ingin  di cadangan. Kalian bisa menyalin dan menempelkannya ke folder komputer yang diinginkan. Atau, Anda bisa menyeret dan menjatuhkannya ke folder komputer.
  5. Tunggu proses backup data selesai. Jangan cabut kabel USB selama proses berlangsung.
  6. Setelah selesai, cabut kabel USB dan lepaskan koneksi antara ponsel Xiaomi Anda dan komputer.

Keuntungan dari cara backup data di Xiaomi ke komputer adalah bisa memilih data apa saja yang ingin di cadangkan secara spesifik.

Kalian juga bisa melihat dan mengatur data  di komputer dengan mudah. Selain itu, Kalian tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan cloud atau kartu SD.

Namun, cara backup data di Xiaomi ke komputer juga memiliki beberapa kekurangan.

Pertama, membutuhkan kabel USB yang berkualitas dan kompatibel dengan ponsel Xiaomi kalian.

Jika kabel USB rusak atau tidak cocok, maka tidak bisa melakukan mencadangkan data.

Kedua, harus meluangkan waktu dan tenaga untuk menghubungkan ponsel Xiaomi kalian ke komputer dan memilih data yang ingin dibackup.

Ketiga, harus menyimpan data di komputer yang aman dan terlindung dari virus, malware, atau pencurian.

Cara Menyalakan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power

2. Cara Backup Data di Xiaomi ke Kartu SD

Cara Backup Data di Xiaomi ke Kartu SD

Cara backup data di Xiaomi yang lain adalah ke kartu SD.

Kartu SD merupakan sebuah media penyimpanan eksternal yang bisa dipasang di slot ponsel Xiaomi kalian.

Kalian bisa menggunakan aplikasi bawaan ponsel Xiaomi, yaitu Mi Backup, untuk melakukan mencadangkan data ke kartu SD.

Berikut adalah langkah-langkah cara backup data di Xiaomi ke kartu SD:

  1. Pastikan ponsel Xiaomi memiliki baterai yang cukup dan kartu SD yang bersih dan memiliki ruang penyimpanan yang cukup.
  2. Masukkan kartu SD ke slot smartphone Xiaomi. Jika muncul notifikasi di ponsel, pilih opsi Gunakan sebagai penyimpanan portabel.
  3. Buka aplikasi Mi Backup di smartphone kalian. Kalian bisa menemukannya di folder Alat atau Tools.
  4. Pilih opsi Backup ke Micro SD. Aplikasi Mi Backup akan memindai data ponsel kalian dan menampilkan ukuran backup yang diperlukan.
  5. Pilih data apa saja yang ingin di cadangkan, seperti aplikasi, kontak, pesan, catatan, kalender, dan lain-lain. Kalian bisa memilih semua data atau sebagian data sesuai kebutuhan.
  6. Tekan tombol Backup sekarang. Aplikasi Mi Backup akan memulai proses backup data ke kartu SD.
  7. Tunggu proses backup data selesai. Jangan cabut kartu SD selama proses berlangsung.
  8. Setelah selesai, kalian bisa melihat file backup di folder MIUI/backup/AllBackup di kartu SD.

Keuntungan dari cara menyimpan data di Xiaomi ke kartu SD adalah kalian bisa melakukan backup data secara cepat dan mudah dengan aplikasi Mi Backup.

Kalian juga bisa memilih data apa saja yang ingin dibackup secara fleksibel. Selain itu, Kalian bisa membawa micro SD ke mana saja dan mengembalikan data ke smartphone Xiaomi lain jika perlu.

Namun, cara backup data di Xiaomi ke kartu SD juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, Anda membutuhkan kartu SD yang berkualitas dan memiliki ruang penyimpanan yang cukup.

Jika kartu SD rusak atau penuh, kalian tidak bisa melakukan backup data. Kedua, harus berhati-hati dalam menyimpan dan menangani kartu SD kalian.

Jika kartu SD hilang, terformat, atau terinfeksi virus, maka bisa kehilangan data. Ketiga, Kalian harus melakukan backup data secara manual dan rutin untuk memastikan data Anda selalu terbaru.

Cara Mengatasi This Device is Locked Xiaomi, Fix!

Cara Backup Data di Xiaomi ke Cloud

Cara Backup Data di Xiaomi ke Cloud

Cara backup data di Xiaomi yang terakhir adalah ke cloud. Cloud adalah media penyimpanan online yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja selama memiliki koneksi internet.

Kalian bisa menggunakan layanan cloud yang disediakan oleh Xiaomi, yaitu Mi Cloud, untuk melakukan backup data.

Berikut adalah langkah-langkah cara backup data di Xiaomi ke cloud:

  1. Pastikan smarthone Xiaomi kalian memiliki baterai yang cukup dan koneksi internet yang stabil.
  2. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Xiaomi kalian. Lalu, pilih opsi Mi Account.
  3. Masuk ke akun Mi dengan menggunakan nomor telepon, email, atau ID Mi kalian. Jika belum memiliki akun Mi, kalian bisa membuatnya terlebih dahulu.
  4. Pilih opsi Mi Cloud. Kalian bisa melihat ruang penyimpanan cloud yang tersedia dan yang digunakan. Kalian juga bisa membeli ruang penyimpanan tambahan jika perlu.
  5. Pilih opsi Backup perangkat. Aplikasi Pengaturan akan memindai data ponsel  dan menampilkan ukuran backup yang diperlukan.
  6. Pilih data apa saja yang ingin di cadangkan, seperti foto, video, kontak, pesan, catatan, kalender, dan lain-lain. Kalian bisa memilih semua data atau sebagian data sesuai kebutuhan.
  7. Tekan tombol Backup sekarang. Aplikasi Pengaturan akan memulai proses backup data ke cloud.
  8. Tunggu proses backup data selesai. Jangan matikan ponsel Xiaomi Anda selama proses berlangsung.
  9. Setelah selesai, maka bisa melihat file cadangan di Mi Cloud. kalian bisa mengaksesnya dari ponsel Xiaomi Anda atau dari situs web i.mi.com.

Keuntungan dari cara backup data di Xiaomi ke cloudsalah satunya adalah bisa melakukan backup data secara otomatis dan rutin dengan mengatur jadwal pencadangan.

Selain itu kalian  juga bisa mengakses file backup dari mana saja dan kapan saja selama memiliki koneksi internet.

Tidak sampai disitu saja , kalian tidak perlu khawatir kehilangan data backup jika ponsel Xiaomi atau kartu SD kalian rusak atau hilang.

Namun, cara mencadangkan data di Xiaomi ke cloud juga memiliki beberapa kekurangan.

Apa saja?

Pertama, membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat untuk melakukan backup data.

Jika koneksi internet terputus atau lambat, proses backup data bisa gagal atau lama.

Kedua, harus memperhatikan ruang penyimpanan cloud yang tersedia. Jika ruang penyimpanan cloud penuh, Anda tidak bisa melakukan backup data.

Kalian harus menghapus data backup lama atau membeli ruang penyimpanan tambahan.

Ketiga, Harus memastikan file cadangan aman dan terlindung dari akses yang tidak sah. Tatap menjaga kerahasiaan akun Mi dan menggunakan kata sandi yang kuat.

Hp iTel Tidak ada sinyal, Penyebab dan Cara mengatasinya

Akhir Kata

Backup data adalah proses menyalin dan menyimpan data dari ponsel ke media penyimpanan lain. Backup data sangat penting untuk mencegah kehilangan data akibat kerusakan, pencurian, atau penggantian ponsel. Ada tiga cara backup data di Xiaomi yang bisa Anda pilih, yaitu ke komputer, ke kartu SD, atau ke cloud. Masing-masing cara backup data memiliki keuntungan dan kekurangan tersendiri. Kalian bisa memilih cara backup data yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi.

Demikian artikel tentang cara backup data di Xiaomi yang bisa saya buat. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif untuk Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Share:

Related Post