Cara Menampilkan Kecepatan Internet di HP Android dan iPhone

Enterin.ID – Apakah kalian sering merasa frustrasi karena koneksi internet di ponsel Android terasa lambat? Kecepatan internet yang lambat dapat mempengaruhi pengalaman penggunaan smartphone kalian secara keseluruhan, terutama saat ingin browsing web, streaming video, atau menggunakan aplikasi online lainnya.

Untungnya, ada beberapa cara untuk menampilkan kecepatan internet di HP Android, sehingga dapat memantau kualitas koneksi internet dengan lebih baik atau secara realtime memastikan koneksi tidak ada masalah.

Artikel ini akan membahas beberapa metode yang dapat digunakan untuk menampilkan kecepatan internet di berbagai merek HP Android, seperti Infinix, Xiaomi, Samsung, Vivo, Oppo, Realme, dan iPhone.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di HP Android Secara Umum

Setiap ponsel memiliki kemampuan berbeda dalam hal internet yakni speed download, browsing, atau memutar video YouTube.

Banyak faktor yang memengaruhi kecepatan internet di Hp, seperti jenis kartu perdana yang digunakan, area dan jaringan tersedia, jenis layanan paket data, serta kemampuan jaringan ponsel (2G, 3G, 4G, 5G), dan masih banyak lagi.

Penting untuk menampilkan kecepatan internet pada ponsel agar dapat memastikan keseimbangan antara internet dan kemampuan ponsel tersebut. Terhubung dengan internet yang lemot hanya akan menyebabkan frustrasi.

Kemampuan ponsel dalam mengunduh data, menjelajah, atau mendownload tidak hanya bergantung pada faktor jaringan saja, tetapi juga dipengaruhi oleh perangkat itu sendiri. Oleh karena itu, saat memahami kecepatan internet, juga perlu memperhatikan spesifikasi hardware ponsel seperti merek Xiaomi, Oppo, Samsung, Asus atau jenis type yang digunakan.

Baca juga: Urutan MIUI : Cara cek Versi MIUI Xiaomi dan Bedanya dengan Android

#Melihat kecepatan Internet di Hp

Kecepatan akses internet mengacu pada kemampuan transfer data saat mengakses jaringan internet pada sebuah perangkat, baik itu ponsel atau komputer. Ada dua jenis kecepatan yang perlu diketahui, yaitu downstream dan upstream.

  • Downstream adalah kecepatan akses saat pengguna mengunduh data dari server internet ke perangkat mereka, misalnya saat menggunakan mesin pencari, mengunduh file, atau melihat halaman web. Kecepatan downstream ini mempengaruhi kecepatan pengunduhan data.
  • Upstream adalah kecepatan transfer data saat pengguna mengirim data dari perangkat mereka ke server, seperti mengunggah file. Kecepatan upstream ini berhubungan dengan pengiriman data.

Kecepatan internet diukur dalam bit per detik (bps). Sebagai contoh, jika Anda mengirim 1 kilobit (kb) file setiap detik, berarti Anda telah mengirim 8 ribu bit (8 kilobit) per detik atau 8 kilobit per detik (kbps). Satuan kecepatan yang lebih besar sering menggunakan Megabit per detik (Mbps), yang setara dengan 1.000 kilobit per detik (kbps).

Dalam era transisi dari jaringan 4G ke 5G, kecepatan internet semakin meningkat. Jaringan 5G diklaim memiliki kecepatan 40 kali lebih cepat daripada 4G. Namun, terkadang pengguna tidak tahu dengan pasti seberapa besar kemampuan ponsel mereka.

Untuk itu, pada kesempatan ini, akan dibahas cara menampilkan kecepatan internet yang ada di ponsel.

Sebelum kita membahas metode spesifik untuk masing-masing merek HP Android, mari kita lihat cara umum untuk menampilkan kecepatan internet di HP Android.

#1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

aplikasi cek internet android

Salah satu cara paling umum untuk menampilkan kecepatan internet di HP Android adalah memakai aplikasi pihak ketiga.

Dirancang khusus untuk membantu memonitor kecepatan internet di hp android. Beberapa aplikasi populer termasuk Speedtest by Ookla, Meteor, Fast.com, dan banyak lagi.

Setelah Download dan menginstal aplikasi ini, Berikutnya dapat menjalankannya dan melakukan tes kecepatan internet langsung dari HP Anda.

#2. Menggunakan Fitur Bawaan

Pengaturan Beberapa ponsel Android juga menyediakan fitur bawaan yang memungkinkan penggunanya bbisa menampilkan kecepatan internet tanpa aplikasi tambahan.

Untuk mengakses fitur ini, buka Pengaturan di HP Android, cari opsi “Tentang ponsel” atau “Informasi perangkat” (nama mungkin bervariasi tergantung pada merek dan model HP Anda).

Biasanya Di dalamnya, mungkin akan menemukan informasi tentang kecepatan internet atau status jaringan yang sedang Anda gunakan.

3. Menggunakan Widget Kustom

Beberapa peluncur pihak ketiga atau aplikasi widget kustom juga dapat membantu penggunanya menampilkan kecepatan internet langsung di layar beranda ponselnya. Dengan menggunakan widget ini, mereka dapat dengan mudah melihat kecepatan internet tanpa perlu membuka aplikasi atau pengaturan tambahan.

Baca Juga: Cara Mematikan Fast Charging Xiaomi

Cara menampilkan kecepatan internet Realme

Berikut adalah cara untuk menampilkan kecepatan internet dan persentase baterai pada ponsel Realme tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Langkah-langkahnya sangat mudah, dan berikut ini adalah penjelasan langkah demi langkahnya:

  1. Buka menu pada ponsel Realme  dengan mengklik ikon “Settings” di layar utama atau menu aplikasi.
  2. Setelah masuk ke menu “Settings”, gulir ke bawah dan temukan opsi yang bertuliskan “Notification & Status Bar”. Ketuk pada opsi tersebut untuk melanjutkan.
  3.  Di dalam menu “Notification & Status Bar”, Anda akan menemukan berbagai opsi yang dapat diatur terkait tampilan notifikasi dan status bar. Cari opsi yang bernama “Show Real Time Network Speed” dan aktifkan tombol pengaturan di sebelahnya.
  4. Selain itu, Anda juga dapat menampilkan persentase baterai pada status bar dengan mengaktifkan opsi “Battery Percentage” yang ada di menu yang sama. Aktifkan tombol pengaturan di sebelah opsi tersebut.

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, maka di hp realme terdapat indikator kecepatan jaringan internet dan persentase baterai muncul di status bar. Dengan demikian, kalian secara mudah memantau kecepatan internet yang sedang digunakan dan melihat persentase baterai yang tersisa.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, pengguna smartphone Realme tidak perlu mengunduh atau menggunakan aplikasi tambahan untuk menampilkan informasi kecepatan internet dan persentase baterai.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan GPS di Smartphone Infinix

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Xiaomi

Bagi pengguna Hp Xiaomi, dapat dengan mudah menampilkan kecepatan internet secara langsung tanpa perlu instal aplikasi tambahan. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan menampilkan indikator kecepatan tersebut di bar notifikasi ponsel Xiaomi nya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menampilkan kecepatan internet Xiaomi:

  1. Buka menu pada Hp Xiaomi.
  2. Pilih opsi “Setelan” di dalam menu.
  3. Cari dan klik pada opsi “Notifikasi & Status Bar”.

Di dalam opsi “Notifikasi & Status Bar”, Anda akan menemukan pengaturan terkait kecepatan internet. Cari dan aktifkan opsi “Tampil Kecepatan Koneksi”.

Setelah mengaktifkan opsi tersebut, secara otomatis akan muncul indikator kecepatan koneksi di bagian status bar ponsel Xiaomi kalian. Indikator ini akan memberikan informasi tentang kecepatan internet secara real-time yang sedang berjalan.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah melihat kecepatan internet di Hp Xiaomi Anda tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Hal ini memudahkan Anda untuk memonitor kecepatan koneksi internet saat menggunakan ponsel Xiaomi Anda.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Samsung

Berikut adalah cara untuk menampilkan kecepatan jaringan di HP Samsung tanpa menggunakan aplikasi tambahan:

  1. Buka menu Utama HP Samsung dan pilih ikon Pengaturan.
  2. Di dalam pengaturan, cari dan pilih opsi “Jaringan dan Internet”.
  3. Setelah masuk ke menu “Jaringan dan Internet”, cari dan pilih opsi “Kecepatan Jaringan”. Maka akan menemukan informasi tentang kecepatan jaringan saat HP Samsung terhubung ke internet. Selain itu kalian dapat melihat jenis jaringan yang digunakan, nama operator, sinyal jaringan, dan kecepatan jaringan.
  4. Apabila mengetahui kecepatan jaringan Wi-Fi,yakni Kembali ke menu “Jaringan dan Internet” dalam pengaturan, dan pilih opsi “Kecepatan Jaringan”. Disana terdapat informasi tentang jenis jaringan Wi-Fi yang sedang digunakan, nama jaringan, dan kecepatan jaringan Wi-Fi tersebut.
  5. Selesai

Dengan menggunakan tahapan di atas, pemilik ponsel samsung dapat dengan mudah menampilkan dan mengetahui kecepatan jaringan di Samsungnya tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

Cara Menampilkan Kecepatan Jaringan di HP Vivo

Vivo, seperti merek ponsel lainnya, juga menyediakan fitur untuk menampilkan data internet dan speed meter bagi penggunanya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke menu Vivo pada ponsel > buka pengaturan atau setting.
  2. Di dalam pengaturan, cari opsi yang disebut “Status Bar dan Pemberitahuan” dan pilihnya.
  3. Di dalam opsi tersebut, Anda akan menemukan opsi untuk “Menampilkan Kecepatan Jaringan”. Geser tombol atau opsi ini ke arah kanan untuk mengaktifkannya.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Maka ponsel Vivo akan menampilkan kecepatan internet di atas bar status.

Namun, penting untuk dicatat bahwa langkah-langkah ini mungkin berbeda pada versi Vivo terbaru, seperti Vivo Y series atau S Series . Pada versi-versi tersebut, cara untuk menampilkan kecepatan internet mungkin lebih mudah lagi.

Untuk mengaktifkannya, Mulai dengan membuka “Pengaturan” atau “Setting” pada ponsel Vivo. Cari opsi yang disebut “Bilah Status dan Pemberitahuan” dan masuk ke dalamnya. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Kecepatan Jaringan”. Geser tombol atau opsi tersebut ke arah kanan dan secara langsung kalian dapat memeriksa kecepatan internet di bilah status ponsel Vivo.

Baca juga: Cara membuat Akun MI Di Hp Xiaomi Baru dan lama

Cara Menampilkan Kecepatan Jaringan di HP Oppo

Bagaimana cara melihat kecepatan jaringan internet Oppo? Nah Buat kalian pengguna Hp merek ini juga bisa mengecek speed jaringan yang saat ini sedang berjalan.

Selain memiliki desain elegan, Oppo juga dilengkapi adanya fitur menampilkan kecepatan transfer data internet pada status bar. Aktivasi fitur ini pun cukup mudah dilakukan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan notifikasi jaringan internet Oppo:

  1. Buka menu ponsel Oppo Anda.
  2. Pilih opsi “Setting” (Pengaturan).
  3. Cari dan pilih “Pemberitahuan dan Bilah Status”.
  4. Aktifkan opsi “Tampilkan Kecepatan Jaringan”.
  5. Selesai.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat melihat hasilnya pada bagian status bar di bagian atas ponsel, tepat di samping indikator sinyal jaringan.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Realme

Pengguna HP Android Realme juga dapat menampilkan kecepatan internet di ponsel mereka dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka HP Realme dan Masuk Kedalam Menu.
  2. Cari dan Pilih pengaturan atau settings HP Realme.
  3. Cari menu “Notifikasi dan bilah status”.
  4. Pilih opsi “Tampilkan Kecepatan Jaringan” untuk menampilkan kecepatan di status bar.
  5. Setelah itu, Kalian dapat melihat kecepatan di HP Realme dengan mudah.

Langkah-langkah ini dapat digunakan untuk hampir semua jenis HP Realme, termasuk Realme 2, Realme 2 Pro, Realme C1, dan varian Realme lainnya.

Setelah pengaturan tersebut berhasil dilakukan, kecepatan internet akan muncul di status bar layar HP.

Perlu diketahui bahwa kecepatan yang ditampilkan bersifat dinamis atau berubah-ubah tergantung pada kekuatan jaringan internet.

Apabila angka kecepatan terlihat rendah, hal ini menunjukkan bahwa koneksi internet sedang lambat. Sebaliknya, jika angka kecepatan yang muncul tinggi, itu menandakan bahwa kondisi jaringan internet sedang baik.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di iPhone

Jika Anda menggunakan iPhone, berikut adalah langkah-langkah untuk menampilkan kecepatan internet di ponsel Anda:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk opsi “Seluler” atau “Cellular”.
  3. Di dalam menu ini, Anda akan menemukan informasi tentang kecepatan internet atau status jaringan yang sedang Anda gunakan. iPhone biasanya menyediakan informasi yang cukup lengkap tentang kecepatan jaringan di sini.

Baca Juga: Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi Semua MIUI 11 ,MIUI 12

Aplikasi cek Kecepatan Internet android

Mengecek Kecepatan internet Android dengan aplikasi

Salah satu aplikasi terbaik yang dapat digunakan untuk menampilkan kecepatan internet di ponsel Android adalah “Internet Speed Meter” yang dikembangkan oleh Glitterz Inc. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur lengkap, mulai dari memunculkan kecepatan internet di bar, notifikasi, dan status bar hingga melakukan tes kecepatan koneksi internet di ponsel serta melihat pemakaian kuota.

Aplikasi “Internet Speed Meter” dapat didapatkan secara gratis melalui Playstore. Selain itu, aplikasi ini juga cukup ringan dan tidak memakan banyak memori pada perangkat.

Berikut adalah beberapa fitur yang ditawarkan oleh “Internet Speed Meter”:

  1. Menampilkan kecepatan internet di status bar untuk semua merek ponsel.
  2. Pengaturan untuk memunculkan kecepatan internet di notifikasi.
  3. Floating widget yang dapat ditempatkan di berbagai posisi sesuai dengan keinginan pengguna.
  4. Mengubah letak widget, warna, dan ukuran font sesuai preferensi.
  5. Menganalisis dan memantau kekuatan sinyal Wi-Fi.
  6. Audit penggunaan paket data oleh aplikasi-aplikasi di ponsel.
  7. Fitur tes kecepatan untuk menguji kecepatan internet terkini.
  8. Statistik pemakaian kuota internet yang dapat diperiksa kapanpun.
  9. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa perlu melakukan root pada ponsel.

Cara menampilkan kecepatan internet di status bar pada semua merek ponsel menggunakan aplikasi ini adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut. Setelah itu, buka aplikasi dan lakukan tes kecepatan untuk mengaktifkannya.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk memunculkan kecepatan internet di notifikasi. Caranya adalah dengan masuk ke menu “Settings” melalui ikon gear, lalu aktifkan opsi “Enable Notification”.

Jika pengguna ingin menggunakan floating widget, dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi “Internet Speed Meter”.
  2. Masuk ke menu “Settings” melalui ikon gear.
  3. Pilih opsi “Floating Widget”.
  4. Pada opsi “Display Options”, hilangkan ceklis pada “Only StatusBar Widget”.

Setelah mengaktifkan widget melayang, kecepatan internet tidak akan ditampilkan di status bar, tetapi akan muncul di area layar smartphone.

Penutup

Selain aplikasi “Internet Speed Meter”, terdapat juga beberapa aplikasi lain yang dapat digunakan untuk menampilkan kecepatan internet di ponsel Android. Contohnya adalah “Sigma Lite” dan “Internet Speed Meter Lite”. Kedua aplikasi ini juga menawarkan fitur yang lengkap, termasuk pengujian kecepatan koneksi internet, pemantauan penggunaan kuota, dan kekuatan sinyal Wi-Fi.

Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi ini, pengguna dapat dengan mudah memantau kecepatan internet dan mengontrol penggunaan kuota pada ponsel mereka.

Dengan mengetahui cara menampilkan kecepatan internet di HP Android Anda, maka dapat dengan mudah memantau kualitas koneksi internet. Jika merasa koneksi internet lambat,maka bisa segera melakukan troubleshooting atau menghubungi penyedia layanan internet  untuk memperbaikinya. Selamat mencoba!

Bagikan:
Nayaki

Mengembangkan website, Optimasi SEO , Sejak 2014.