Cara Screen Record di OBS

Siapa dari kallian Ingin merekam layar komputer untuk membuat video tutorial, presentasi, atau sebuah konten lainnya? Jika iya, maka Anda mungkin membutuhkan software screen recorder yang handal dan mudah digunakan. Salah satu software screen recorder yang populer dan gratis adalah OBS (Open Broadcaster Software).

OBS adalah software yang dapat merekam layar komputer, suara mikrofon, dan kamera web secara bersamaan. OBS juga memiliki fitur-fitur canggih seperti streaming langsung, pengaturan scene, filter, dan lainnya.

Namun, bagi yang baru pertama kali menggunakan OBS, mungkin anda akan bertanya-tanya bagaimana cara mengsetting atau melakukan screen record disini.

Tetapi jangan khawatir, karena admin akan menjelaskan cara screen record di OBS dengan langkah-langkah yang mudah dan lebih detail. Anda akan belajar bagaimana cara mengunduh, menginstal, mengatur, dan merekam layar komputer dengan OBS. Mari kita mulai!

Cara Merekam Layar HP Xiaomi tanpa Aplikasi perekam

Langkah 1: Download dan Instal OBS

Sebelum menggunakan OBS, tentu harus mengunduh dan menginstal software ini terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara mengunduh dan menginstal OBS:

  1. Kunjungi situs resmi OBS di [obsproject.com](https://obsproject.com/).
  2. Pilih sistem operasi yang digunakan, misalnya Windows, Mac, atau Linux.
  3. Klik tombol Download Installer dan tunggu hingga proses unduhan selesai.
  4. Buka file installer yang telah diunduh dan ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menginstal OBS di komputer.
  5. Setelah proses instalasi selesai, jalankan OBS dengan mengklik ikonnya di desktop atau menu start.

Langkah 2: Atur Sumber Video dan Audio

Setelah selesai terinstal jalankan OBS, dan akan terlihat tampilan utama di dalam software ini yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Scene: Daftar scene yang dibuat. Scene adalah kumpulan sumber video dan audio yang ingin direkam atau ditampilkan.
  • Source: Daftar sumber video dan audio yang ada di scene yang sedang aktif. Sumber video dan audio bisa berupa layar komputer, kamera web, mikrofon, media file, teks, gambar, dan lainnya.
  • Mixer: Pengaturan volume dan mute untuk sumber audio yang ada di scene yang sedang aktif.
  • Scene Transition: Pilihan transisi yang akan digunakan saat berpindah dari satu scene ke scene lainnya.
  • Control: Tombol-tombol untuk mengontrol OBS, seperti Start Recording, Stop Recording, Start Streaming, Stop Streaming, Studio Mode, dan Settings.

Mengatur Sumber Video dan Audio

Untuk merekam layar komputer dengan OBS, kalian harus mengatur sumber video dan audio yang sesuai. Agar tidak terjadi kesalahan saat anda sudah mulai merekam. Berikut ini adalah cara mengatur sumber video dan audio:

  1. Pilih Scene atau Buat Scene Baru
    – Pilih scene yang ingin digunakan atau buat scene baru dengan mengklik tombol + di bagian scene. Beri nama scene sesuai keinginan, misalnya “Screen Record”.
  2. Tambah Sumber Video (Display Capture)
    – Klik tombol + di bagian source dan pilih Display Capture. Ini adalah sumber video yang akan merekam layar komputer. Beri nama sumber video ini sesuai keinginan, misalnya “Layar”.
    – Di jendela yang muncul, pilih layar yang ingin direkam jika memiliki lebih dari satu monitor. Sesuaikan ukuran dan posisi sumber video ini jika diperlukan. Klik OK jika sudah.
  3. Tambah Sumber Audio (Audio Input Capture)
    – Klik tombol + lagi di bagian source dan pilih Audio Input Capture. Ini adalah sumber audio yang akan merekam suara mikrofon. Beri nama sumber audio ini sesuai keinginan, misalnya “Mikrofon”.
    – Di jendela yang muncul, pilih perangkat mikrofon yang ingin digunakan dari daftar yang tersedia. Klik OK jika sudah.
  4. Tambah Sumber Audio Output (Audio Output Capture)
    – Klik tombol + lagi di bagian source dan pilih Audio Output Capture. Ini adalah sumber audio yang akan merekam suara yang keluar dari komputer, misalnya suara musik, video, atau game. Beri nama sumber audio ini sesuai keinginan, misalnya “Suara Komputer”.
    – Di jendela yang muncul, pilih perangkat speaker atau headphone yang ingin digunakan dari daftar yang tersedia. Klik OK jika sudah.

Cara cek layar hp Vivo, Metode Visual, Memakai Kode, Menggunakan Aplikasi

Langkah 3: Mulai dan Hentikan Rekaman

Setelah mengatur sumber video dan audio yang diinginkan, sudah siap untuk mulai merekam layar komputer dengan OBS. Berikut ini adalah Cara screen record di obs dan cara menghentikan rekamannya:

  1. Pastikan Scene Aktif
    – Pastikan scene yang ingin direkam sudah aktif dan sumber video serta audio yang diinginkan sudah terlihat di bagian preview.
  2. Mulai Rekaman
    – Klik tombol Start Recording di bagian control. OBS akan mulai merekam layar komputer, suara mikrofon, dan suara komputer sesuai dengan sumber video dan audio yang diatur.
  3. Hentikan Rekaman
    – Untuk menghentikan rekaman, klik tombol Stop Recording di bagian control. OBS akan menghentikan rekaman dan menyimpan file video hasil rekaman di lokasi yang telah ditentukan di pengaturan.
  4. Lihat File Rekaman
    – Untuk melihat file video hasil rekaman, bisa membuka folder yang telah ditentukan di pengaturan atau klik File > Show Recordings di menu OBS.

Langkah 4: Ubah Pengaturan OBS

Jika ingin mengubah pengaturan OBS, misalnya untuk mengubah format, kualitas, atau lokasi file video hasil rekaman, kalian bisa melakukannya dengan cara berikut ini:

1. Buka Pengaturan
– Klik tombol Settings di bagian control. OBS akan membuka jendela pengaturan yang terdiri dari beberapa tab, yaitu:

  • General: Pengaturan umum OBS, seperti bahasa, tema, dan mode output.
  • Stream: Pengaturan untuk streaming langsung, seperti layanan, server, dan kunci stream.
  • Output: Pengaturan untuk output rekaman dan streaming, seperti mode, format, kualitas, bitrate, dan lokasi file.
  • Audio: Pengaturan untuk audio, seperti perangkat, sample rate, dan channel.
  • Video: Pengaturan untuk video, seperti resolusi, frame rate, dan skala.
  • Hotkeys: Pengaturan untuk hotkey, yaitu tombol pintas untuk mengontrol OBS tanpa menggunakan mouse.
  • Advanced: Pengaturan lanjutan untuk OBS, seperti proses, warna, buffer, dan lainnya.

2. Ubah Pengaturan Sesuai Kebutuhan
– Ubah pengaturan yang diinginkan di setiap tab sesuai kebutuhan. Jika tidak yakin dengan pengaturan yang diubah, bisa mengembalikan ke pengaturan bawaan dengan mengklik tombol Defaults di setiap tab.

3. Terapkan Pengaturan
– Jika sudah, klik Apply untuk menerapkan pengaturan yang diubah atau klik Cancel untuk membatalkan pengaturan yang diubah. Jika klik Apply, harus mengklik OK untuk menutup jendela pengaturan.

Cara Merekam Layar Infinix: Panduan Lengkap

Kesimpulan

Demikianlah sedikit tips dan langkah-langkah cara screen record di OBS yang bisa dicoba sendiri cukup mudah kan. Dengan OBS ini, anda bisa merekam layar komputer, suara mikrofon, dan suara komputer secara bersamaan dengan kualitas yang baik. Selamat mencoba!

Tags:

Share:

Related Post