Cara agar Hp Xiaomi tidak bisa dilacak Lokasi

Enterin.id – Pasti sudah pernah mendengar bahwa setiap Android dapay dilacak, Tenang! ada cara Agar Hp Xiaomi tidak bisa di lacak lokasinya.

Sebenarnya mengapa smartphone dapat dilacak? Sebenaranya merupakan fitur menarik yang sangat penting berfungsi mengetahui posisi atau koordinat dari perangkat tersebut. Misalnya, ketika hp Xiaomi Hilang, Mengetahui dan sebagai kontrol orang tua, maupun hal postif lainnya.

Sehingga dalam hal ini tentunya sangat penting untuk mendukung hal postitif. Disisi lain ada juga yang menjadikan fitur tersebut untuk kegiatan negatif. Bagaimana cara agar hp Xiaomi tidak bisa dilacak, Simak terus penjelasanya.

Cara agar Hp Xiaomi tidak bisa dilacak Lokasi

Cara supaya HP Xiaomi tidak bisa dilacak yakni terbilang mudah. Pada umumnya Melacak lokasi HP merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui posisi perangkat melalui berbagai metode yang tersedia.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, manfaatnya dan fungsinya tergantung dari tujuan pelacak itu sendiri. Nah, kalau dalam urusan baik saya kira gak masalah.

Namun, ada cara agar HP Xiaomi tidak dapat terdeteksi saat dilacak. Berikut caranya..

Baca juga: Cara Cek IMEI Xiaomi hitungan detik

#1. Matikan Koneksi Internet

cara hp Xiaomi tidak bisa di lacak 1

Langsung saja cara pertama..

Salah satu cara yang efektif untuk mencegah pelacakan HP Xiaomi adalah yaitu melalui mematikan koneksi internet.

Kebanyakan metode pelacakan Smartphone xiaomi atau ponsel lainnya menggunakan layanan jaringan internet untuk mendeteksi koordinat lokasi perangkat.

Misalnya, dalam aplikasi game Pokemon , aplikasi Grab, seseorang dapat melihat titik koordinat pengemudi sepanjang perjalanan. Dengan mematikan internet, perangkat Anda tidak akan terdeteksi.

#2. Nonaktifkan GPS

cara hp Xiaomi tidak bisa di lacak 2

GPS juga merupakan fitur yang dapat digunakan untuk melacak lokasi HP Xiaomi. Anda dapat menonaktifkan GPS dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Geser layar notifikasi dari bagian atas ke bawah.
  • Ketuk ikon GPS dan pilih Matikan.

Setelah GPS dimatikan, HP Xiaomi maka tidak akan dapat dilacak berdasarkan koordinat GPS. Apakah semudah itu, ya tidak juga.. masih ada beberapa teknik lain yang bisa kalian terapkan agar smartphone Xiaomi tidak bisa dilacak.

#3. Nonaktifkan Akses Lokasi

Selain menonaktifkan GPS, Anda juga dapat mematikan akses lokasi pada fitur Xiaomi. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan di HP Xiaomi Anda.
  • Pilih “Additional Settings” dan gulir ke opsi “Privacy”.
  • Di dalam opsi Privacy, Anda akan menemukan “Location” atau “Location Access”.
  • Nonaktifkan akses lokasi melalui opsi tersebut.

#4. Matikan Fitur “Find My Device”

cara Agar hp Xiaomi tidak bisa di lacakFitur “Find My Mobile” adalah fitur yang digunakan untuk melacak lokasi HP yang hilang melalui browser dan akun Mi. Anda dapat menonaktifkan fitur ini dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Pengaturan di HP Xiaomi Anda.
  • Pilih “Mi Account” dan buka opsi “Mi Cloud“.
  • Matikan fitur “Find Device”.

Dengan menonaktifkan fitur “Find My Mobile”, HP Xiaomi Anda tidak akan dapat dilacak menggunakan fitur ini.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Fitur Screenshot 3 Jari di Hp Xiaomi

#4. Mode Pesawat

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mencegah pelacakan HP Xiaomi adalah dengan mengaktifkan Mode Pesawat.

Dengan mengaktifkan fitur ini, HP Xiaomi Anda tidak akan menerima sinyal dan GPS akan dinonaktifkan. Namun, perlu diingat bahwa ketika Mode Pesawat diaktifkan, Anda tidak dapat melakukan panggilan telepon, mengirim pesan, atau mengakses internet.

#5. Matikan HP

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mematikan HP Xiaomi. Ketika Dalam kondisi mati, HP tidak akan menerima sinyal atau koneksi apa pun, sehingga tidak bisa dilacak.

Namun, informasi terakhir tentang koordinat GPS Lokasi akan tetap terlihat berdasarkan fitur “Find My Mobile” sebelum perangkat dimatikan.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun langkah-langkah ini dapat membantu mencegah pelacakan HP Xiaomi,selain itu langkkah diatas juga akan membatasi kemampuan untuk menemukan perangkat jika hilang. Sebaiknya pertimbangkan dengan cermat keamanan dan kebutuhan Anda sebelum mengambil langkah-langkah ini.

Baca Juga: Pengaturan Keyboard Xiaomi

Mencegah Pelacakan oleh Pihak yang Tidak Bertanggung Jawab

Selain langkah-langkah di atas, ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu kalian menjaga HP Xiaomi supaya tidak dilacak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini beberapa tips tersebut:

1. Hindari Menginstal Aplikasi dari Sumber Tidak Resmi

Hindari mengunduh dan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya. Aplikasi yang diunduh dari sumber-sumber seperti situs web tidak resmi dapat mengandung spyware yang dapat digunakan untuk melacak lokasi dan mengakses informasi pribadi pengguna Xiaomi.

Pastikan Selalu unduh aplikasi hanya dari penyedia resmi seperti Google Play Store atau App Store yang telah memverifikasi keamanannya.

2. Audit Aplikasi yang Terpasang

Lakukan audit pada semua aplikasi yang terpasang di HP Xiaomi secara berkala. Jika kalian menemukan aplikasi yang mencurigakan atau tidak diinginkan yang tidak pernah Anda pasang, sebaiknya hapus aplikasi tersebut.

Aplikasi semacam itu mungkin mengandung spyware yang dapat digunakan untuk melacak lokasi Anda.

3. Factory Reset

Jika kalian merasa smartphone Xiaomi telah terinfeksi oleh spyware atau terdapat ancaman keamanan lainnya, maka dapat melakukan factory reset untuk mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik.

Namun, perlu diingat bahwa melakukan factory reset Xiaomi akan menghapus semua data dan file yang tidak disimpan secara terpisah. Pastikan Anda telah mencadangkan semua data penting sebelum melakukannya.

Dengan mengikuti Cara agar Hp Xiaomi tidak bisa di Lacak Lokasi di atas, maka kalian dapat mencegah pelacakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun, perlu diingat bahwa tidak ada cara yang benar-benar 100% efektif untuk mencegah pelacakan.

Bagikan:
Nayaki

Mengembangkan website, Optimasi SEO , Sejak 2014.