Cara Mengecek Status IMEI HP diblokir atau Tidak

0 Comment

Link
Mengecek Status IMEI HP diblokir

Enterin – Mengecek Status IMEI HP Diblokir, Cara Mudah dan Penting!

Brader! Bagaimana kabar kalian hari ini? Pasti senang, kan, memiliki HP yang bisa menemani setiap aktivitas? Tapi, tahukah kamu bahwa IMEI, nomor unik di setiap Smartphone, bisa diblokir? Jika IMEI terblokir, kita nggak bisa melakukan banyak hal, lho!

Penasaran gimana caranya mengecek status IMEI HP kita dan apa yang perlu kita lakukan jika terblokir? Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Apa Itu IMEI dan Kenapa Penting?

Sebelum kita masuk ke cara mengecek status IMEI Hp, ayo kenalan dulu dengan IMEI. IMEI, atau International Mobile Equipment Identity, adalah nomor identifikasi unik yang diberikan pada setiap HP. Di dalam nomor IMEI ini, terkandung informasi tentang asal usul dan spesifikasi Smartphone. Pentingnya IMEI terletak pada kemampuannya untuk melacak Ponsel jika hilang, menentukan status garansi, dan memastikan keaslian perangkat.

Cara Cek IMEI HP, Langkah Mudah untuk Kamu

Kamu pasti bertanya, “Gimana sih cara Melihat IMEI HP?” Gampang banget, kok! Aku punya beberapa cara yang bisa kamu ikuti. Yuk, simak!

1. Cek Melalui Pengaturan 

Langkah pertama yang mudah adalah mengeceknya melalui pengaturan Ponsel kamu. Caranya:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di HP kamu.
  • Cari opsi “Tentang Ponsel” atau “About Phone.”
  • Pilih menu “Status” atau “Status Information.”
  • Di situ, kamu akan menemukan opsi “IMEI Information” atau “Informasi IMEI.”

Mudah, kan?

2. Gunakan Kode Dial Ponsel

Cara kedua ini lebih cepat! Kamu bisa mengecek IMEI HP kamu melalui kode dial. Caranya:

  • Buka aplikasi Telepon atau Panggilan di HP kamu.
  • Ketikkan *#06# pada layar panggilan lalu tekan panggil.

Tadaa! IMEI HP kamu langsung muncul di layar.

3. Cek Melalui Situs Resmi Produsen

Jika dua cara sebelumnya tidak memungkinkan, kamu bisa cek langsung di situs resmi produsen HP kamu. Biasanya, produsen menyediakan opsi untuk mengecek IMEI di situs mereka. Cukup masukkan nomor IMEI kamu, dan kamu akan mendapatkan informasi lengkap.

4. Aplikasi Pengecekan IMEI

Ada juga aplikasi khusus yang bisa membantu kamu cek  IMEI Ponsel. Kamu tinggal download aplikasi tersebut, masukkan nomor IMEI, dan dapatkan informasi seputar HP kamu.

Cek imei di kemenperin dan bea cukai “Hp di Blokir atau Tidak”

Mari kebagian Inti. Pada langkah ini untuk memastikan ponsel kalian terdaftar atau tidak. Biasanya untuk smartphone yang tidak terdaftar maka tidak akan memperoleh layanan jaringan provider.

Jadi, Saat kamu beli hp baru tetapi tidak muncul sinyal. Silahkan pastikan , cek imei terdaftar di kemenperin dan bea cukai atau tidak.

Mengecek IMEI di situs Kementerian Perindustrian (Kemenperin) atau Bea Cukai adalah langkah yang baik untuk memastikan status keabsahan Ponsel. Berikut langkah-langkahnya:

1. Mengecek IMEI di Kemenperin

  • Buka situs resmi Kementerian Perindustrian Indonesia.
  • Cari menu atau laman yang menyediakan layanan pengecekan IMEI. Biasanya, ini dapat ditemukan di bagian terkait dengan telekomunikasi atau sertifikasi perangkat.
  • Masukkan nomor IMEI HP Anda pada kolom yang tersedia.
  • Klik tombol “Cek” atau “Search.”

Jika IMEI HP terdaftar di database Kemenperin, akan muncul notifikasi bahwa “IMEI terdaftar di database Kemenperin.” Jika tidak, notifikasinya akan menyatakan bahwa “IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin.”

2. Mengecek IMEI di Bea Cukai

Mengecek IMEI di Bea Cukai

  • Buka situs resmi Bea Cukai Indonesia.
  • Cari menu atau layanan yang terkait dengan pemeriksaan perangkat telekomunikasi atau alat elektronik.
  • Masukkan nomor IMEI HP Anda pada kolom yang tersedia.
  • Klik tombol “Cek” atau “Search.”

Hasilnya akan memberikan informasi apakah HP Anda memiliki izin impor dan bebas dari kendala bea cukai.

Perlu diingat bahwa langkah-langkah ini dapat berubah sesuai dengan perubahan pada situs web Kemenperin atau Bea Cukai. Pastikan kalian menggunakan situs resmi dan tidak menyebabkan risiko keamanan atau privasi.

Jika menemui kesulitan, silahkan menghubungi pihak berwenang setempat atau customer service mereka untuk bantuan lebih lanjut

Cara Menampilkan Persentase Baterai di Hp Samsung

Kenapa Harus Mengecek Status IMEI HP?

Mungkin kamu bertanya-tanya, “Penting nggak sih mengecek IMEI HP?” Jawabannya sangat penting, nih, teman-teman! Berikut beberapa alasan mengapa Cek Nomor IMEI HP itu perlu:

  1. Menghindari Pembelian Gadget Ilegal: Dengan mengecek IMEI, kamu bisa memastikan bahwa HP yang akan kamu beli bukanlah hasil kegiatan ilegal.
  2. Melacak HP yang Hilang: Apabila Gawai kamu hilang, Nomor IMEI dapat membantu proses pelacakan oleh pihak berwajib.
  3. Memastikan Status Garansi: Kamu juga bisa mengecek apakah Perangkat kamu masih dalam masa garansi atau tidak.
  4. Menghindari Diblokir: Dengan mengetahui IMEI, kamu bisa menghindari HP yang masuk dalam daftar hitam atau diblokir.

Apa Penyebab dan Akibat IMEI HP Diblokir?

Jadi, setelah mengecek status IMEI smartphone, kamu harus tahu penyebab dan akibat jika IMEI terblokir. Penyebabnya adalah ponsel yang tidak memiliki IMEI resmi, sering disebut sebagai ponsel BM atau black market. Smartphone BM biasanya diimpor secara ilegal dan tidak terdaftar di Kemenperin.

Akibatnya? Ponsel kamu nggak bisa digunakan untuk berkomunikasi, internetan, atau aktivitas lain yang butuh jaringan seluler. Pemblokiran ini dilakukan oleh pemerintah dan operator seluler untuk memberantas peredaran smartphone BM dan melindungi konsumen.

Cara Menghindari dan Mengatasi IMEI HP Diblokir

Setelah tahu penyebab dan akibat, pasti kamu pengen tahu dong cara menghindari dan mengatasi IMEI HP terblokir? Tentu aja! Berikut tips-tipsnya:

  1. Beli HP Resmi dan Terdaftar: Pastikan yang kamu beli resmi dan terdaftar di Kemenperin. Cek IMEI sebelum beli untuk menghindari masalah di kemudian hari.
  2. Daftarkan IMEI: Jika sudah punya HP BM sebelum aturan pemblokiran, daftarkan IMEI kamu ke Kemenperin sebelum 18 April 2022. Kalau nggak, Ponsel kalian bisa diblokir.
  3. Kembalikan HP BM: Jika beli HP BM setelah aturan pemblokiran berlaku, segera kembalikan ke penjual. Mintalah uang kembali atau tukar dengan Smartphone resmi.
  4. Periksa IMEI HP Baru: Kalau mau beli Ponsel baru, pastikan periksa IMEI-nya. Jangan tergoda harga murah, ya!

Cara Cek Garansi ASUS semua Produk

Kesimpulan : Jangan Abaikan, Cek Status IMEI HP Sekarang!

Nah, itulah beberapa langkah mudah untuk mengecek status IMEI HP. Penting banget untuk pastikan HP kita nggak bermasalah. Bagikan artikel ini ke teman-teman kamu supaya mereka juga tahu cara cek IMEI. Semoga HP kamu selalu dalam kondisi prima. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, ya!

Share:

Related Post