Cara Flash Hp Infinix Semua Tipe termasuk Tanpa PC

0 Comment

Link
cara flash infinix

Enterin.ID – Kesal dengan beberapa masalah error , dan jenis masalah lain yang terjadi pada ponsel. Nah, Biasanya masalah sistem dapat diselesaikan dengan cara flash hp Infinix. Namun, sayangnya masih banyak pengguna smartphone yang belum bisa melakukan flashing sendiri.

Fungsi flash ulang ini sangat penting untuk berbagai penyelesaian masalah pada sistem atau piranti lunak. Artinya, jika Hp Infinix error diebebkan karena kerusakan software maka seharusnya dengan cara flash ulang masalah dapat teratasi.

Dan sebaliknya, apabila kerusakan hp kalian dikarenakan masalah gagal fungsi pada komponen, maka tidakan flash Hp Infinix tidak dapat membantu mengatasi masalah.

Selain itu, flashing juga dapat menghapus semua data yang ada didalam ponsel, sehingga pastikan untuk backup file penting.

Cara Flash Infinix Menggunakan PC

Dan tutorial pertama adalah flash infinix menggunakan PC , tepat sekali untuk anda mengalami masalah dengan smartphone Infinixnya. Mungkin sistem operasinya mengalami bug atau telepon mengalami penurunan kinerja secara signifikan, Hp Infinix Bootloop, sinyal hilang.

Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa melakukan flash ulang atau pembaruan ulang pada sistem operasinya. Berikut adalah langkah-langkah sederhana tentang cara flash Infinix.

Kebutuhan Persiapan Flashing.

  • PC atau Laptop
  • Kabel USB
  • SP Flash Tool [Download]
  • Firmware Infinix (sesuai dengan model dan versi perangkat Anda)
  • Driver USB Infinix

Langkah-Langkah Flashing:

Cara install ulang infinix

1. Unduh dan Install SP Flash Tool dan Driver USB Infinix di Komputer.

SP Flash Tool adalah alat yang digunakan untuk melakukan flash firmware ke perangkat berbasis MediaTek (MTK), termasuk Infinix. Driver USB diperlukan agar komputer Anda dapat mengenali perangkat Infinix Anda.

2. Unduh Firmware Infinix

Anda harus mengunduh firmware yang sesuai dengan model dan versi Infinix yang akan di Flash. Firmware ini biasanya berformat .zip dan berisi file-file yang dibutuhkan dalam proses flashing.

3. Ekstrak Firmware Infinix

Ekstrak file firmware yang Anda unduh menggunakan software seperti WinRAR atau 7-Zip. Anda akan melihat beberapa file, termasuk file scatter yang berformat .txt.

3. Buka SP Flash Tool

Silahkan Ekstrak Hasil Download SP Flash Tool, Kemudian Buka SP Flash Tool di komputer dengan cara Klik kanan file exe , Pilih “Run As Administator”.

Berikutnya dan klik pada tombol “Scatter-loading”, Cari file scatter dalam folder firmware yang telah Anda ekstrak. File ini biasanya memiliki nama yang berakhir dengan “MTxxxx_Android_scatter.txt”.

4. Pilih Mode Flash

Setelah file scatter dimuat, pilih mode “Download Only” pada SP Flash Tool dan centang “Preloader” untuk menghindari hal yang tidak di inginkan setelah flash infinix kalian.

5. Hubungkan Hp Infinix.

Tahap selanjutnya proses flashing Infinix adalah dengan cara menghubungkan ponsel. Pertama Matikan perangkat Infinix kemudian masuk ke Mode fastboot dan hubungkan ke komputer melalui kabel USB. SP Flash Tool akan secara otomatis mendeteksi perangkat Anda.

6. Mulai Proses Flash

Klik tombol “Download” pada SP Flash Tool untuk memulai proses flash. Proses ini mungkin membutuhkan beberapa menit.

7. Selesai

Setelah proses selesai, kalian akan melihat pop-up dengan ikon centang hijau. Ini berarti proses flash telah berhasil. Anda sekarang dapat memutuskan perangkat Anda dari komputer dan menyalakannya.

Mengikuti proses ini akan memungkinkan Anda untuk memperbarui sistem operasi Infinix Anda dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Ingatlah untuk selalu backup data Anda sebelum melakukan proses ini untuk menghindari kehilangan data penting.

Baca juga: Cara Kalibrasi Gyroscope Infinix Fix Tidak Delay

Cara Flash HP Infinix Tanpa PC

Cara flash Infinix tanpa PC hot 9 play

Flash atau menginstal ulang sistem operasi HP Infinix hot 9 Play, hot 10 play, Hot 11s Play, dan jenis lainnya dapat menjadi solusi jika perangkat mengalami masalah serius seperti bootloop, hang, atau kinerja yang lambat.

Biasanya, proses flashing dilakukan melalui komputer menggunakan perangkat lunak khusus. Namun, ada cara flash HP Infinix tanpa PC. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk melakukan flashing HP Infinix tanpa PC.

Perhatian: Sebelum melanjutkan, pastikan membackup semua data penting yang ada di HP Infinix Anda. Proses flashing dapat menghapus semua data yang ada di perangkat.

Persiapan Awal:

  • Pastikan daya baterai HP Infinix mencukupi, setidaknya 50% atau lebih.
  • Unduh ROM firmware yang sesuai dengan model HP Infinix dari situs resmi Infinix atau sumber terpercaya lainnya.
  • Simpan file firmware di kartu SD eksternal.
  • Masuk ke Recovery Mode:

Matikan HP Infinix Anda.

Tekan dan tahan tombol Volume Atas dan tombol Power secara bersamaan sampai muncul logo Infinix. Setelah itu, lepaskan tombol Power, tetapi tetap tahan tombol Volume Atas sampai masuk ke Recovery Mode.

Wipe Data/Factory Reset:

Di dalam Recovery Mode, gunakan tombol Volume untuk navigasi dan tombol Power untuk memilih.
Pilih opsi “Wipe Data/Factory Reset” atau serupa. Konfirmasikan pilihan kalian dan tunggu proses selesai.

Install Firmware:

  • Kembali ke menu Recovery Mode utama.
  • Pilih opsi “Install zip from SD card” atau serupa.
  • Navigasikan dan temukan file firmware yang telah Anda unduh di langkah pertama. Pilih file tersebut dan konfirmasikan instalasi.
  • Tunggu proses instalasi firmware selesai.

Reboot:

  • Setelah instalasi selesai, kembali ke menu Recovery Mode utama.
  • Pilih opsi “Reboot System Now” atau serupa.
  • HP Infinix akan melakukan restart dan mulai memuat ulang sistem operasi yang baru di-flash.

Setelah proses reboot selesai, HP Infinix akan memiliki sistem operasi yang baru di-flash. Pastikan untuk menunggu proses instalasi selesai sepenuhnya dan jangan mematikan HP selama proses ini berlangsung.

Catatan: Metode di atas hanya berlaku untuk menginstal firmware resmi dari Infinix atau sumber terpercaya. Menginstal firmware yang tidak resmi atau tidak kompatibel dapat merusak ponsel infinix. Lakukan proses flashing dengan hati-hati dan tanggung risiko sendiri.

Itulah beberapa langkah flashing HP Infinix tanpa menggunakan PC. Namun, jika merasa tidak yakin atau tidak nyaman melakukannya sendiri, disarankan untuk meminta bantuan dari teknisi profesional atau mengunjungi pusat layanan resmi Infinix.

Baca Juga: Cara Mematikan Mode Aman di Ponsel Infinix

Manfaat Flash Ulang Hp Infinix

Manfaat Flash Hp Infinix

Seperti yang sudah disebutkan diatas, terdapat banyak sekali manfaat Flashing atau instal ulang pada smartphone, termasuk Infinix, berikut beberapa alasan kenapa perlu flash ulang infinix:

  1. Mengatasi Masalah Sistem – Flash ulang dapat membantu memperbaiki berbagai masalah sistem, seperti hang, lemot, atau masalah lainnya yang mungkin dihadapi oleh perangkat Anda. Hal ini dikarenakan flashing akan mengganti sistem operasi yang ada dengan yang baru dan bebas dari masalah.
  2. Mengatasi infinix Bootloop – Merupakan kondisi dimana smartphone hanya bisa menyala sampai logo, kemudian restart dan terus berulang. Salah satu solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan flash ulang.
  3. Upgrade atau Downgrade Sistem Operasi – Flashing juga memungkinkan untuk upgrade atau downgrade sistem operasi smartphone infinix. Bagi kalian yang mungkin ingin melakukan ini jika versi terbaru sistem operasi memiliki masalah atau jika ingin mencoba fitur baru yang tersedia di versi terbaru sistem operasi.
  4. Pengaturan Pabrik – Jika kalian menjual perangkat atau memberikannya kepada seseorang, melakukan flash ulang akan mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik, sehingga semua data dan pengaturan pribadi Anda akan dihapus.
  5. Menghapus Virus atau Malware – Jika perangkat Anda terinfeksi virus atau malware yang sulit dihapus, flash ulang dapat menjadi solusi terakhir yang efektif.
  6. Meningkatkan Performa – Jika performa perangkat Anda menurun, mungkin karena banyak aplikasi atau file yang tidak diinginkan, flash ulang bisa membantu membersihkan semua ini dan membuat perangkat Anda kembali berjalan lancar.
  7. Memperbaiki Kesalahan Aplikasi – Flashing juga bisa membantu memperbaiki kesalahan aplikasi yang terjadi karena adanya konflik antara aplikasi atau kesalahan dalam sistem operasi itu sendiri.

Ingatlah bahwa flashing merupakan proses yang harus dilakukan dengan hati-hati. Selalu pastikan Anda mem-backup data Anda sebelum melakukan flash ulang, karena proses ini akan menghapus semua data yang ada di perangkat Anda.

Bahaya Flash Infinix

Melakukan flash atau instal ulang pada smartphone, termasuk Infinix, memang memiliki manfaatnya. Namun, proses ini juga memiliki beberapa potensi risiko atau bahaya jika tidak dilakukan dengan benar, antara lain:

  1. Kehilangan Data – Flashing akan menghapus semua data yang ada pada perangkat. Jika Anda tidak membuat backup sebelumnya, data penting seperti foto, video, pesan, kontak, dan lainnya bisa hilang.
  2. Gagal Flashing – Jika proses flashing tidak dilakukan dengan benar atau terdapat gangguan selama proses berlangsung, seperti daya baterai habis atau koneksi dengan komputer terputus, bisa mengakibatkan gagal flashing. Hal ini bisa merusak sistem operasi dan membuat perangkat menjadi tidak dapat berfungsi atau bricked.
  3. Kesalahan Firmware – Jika firmware yang digunakan tidak sesuai dengan model dan versi perangkat, bisa terjadi kesalahan yang membuat perangkat tidak berfungsi dengan baik atau bahkan sama sekali tidak dapat berfungsi.
  4. Masalah Garansi – Untuk beberapa produsen, melakukan flash bisa membatalkan garansi perangkat. Jadi, jika perangkat Anda masih dalam masa garansi, pertimbangkanlah sebelum melakukan flash.
  5. Virus atau Malware – Jika firmware yang diunduh berasal dari sumber yang tidak terpercaya, bisa jadi terdapat virus atau malware yang menginfeksi perangkat saat proses flashing.
  6. Pengaturan Tidak Tepat – Setelah melakukan flashing, Anda perlu mengatur ulang banyak hal, seperti pengaturan jaringan, aplikasi, dan lainnya. Jika tidak dilakukan dengan benar, bisa mengakibatkan masalah lain.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan flash, pastikan sudah memahami risiko yang ada dan siap menerima konsekuensinya. Selalu lakukan backup data penting sebelum melakukan flash dan ikuti prosedur dengan benar untuk menghindari masalah. Jika tidak yakin Cara flash Hp Infinix Sendiri, disarankan untuk membawa perangkat ke pusat servis resmi.

Share:

Related Post