5 Cara Pasang Game PPSSPP Menggunakan Zarchiver

Gamers Pengunjung setia Enter In , suka main game PSP? Kalau iya, pasti kalian pengen banget bisa main game PSP di smartphone Android kalian, kan?

Tapi, gimana caranya?

Apa perlu beli konsol PSP yang mahal? Tentu saja tidak! Kalian bisa memainkan game PSP di Android dengan menggunakan emulator PPSSPP. Emulator PPSSPP adalah aplikasi yang bisa menjalankan game PSP di Android dengan kualitas grafis yang bagus dan lancar.

Cara Pasang Game PPSSPP Menggunakan Zarchiver

Tapi, sebelum bisa main game PSP di Android, kalian harus punya file game PSP dulu. File game PSP biasanya berformat ISO atau CSO, dan ukurannya cukup besar.

Karena itu, file game PSP sering dikompres menjadi file arsip seperti ZIP, RAR, atau 7Z untuk menghemat ruang penyimpanan. Nah, untuk bisa membuka file arsip tersebut, kalian perlu aplikasi ZArchiver. ZArchiver adalah aplikasi yang bisa mengelola file arsip di Android dengan mudah dan cepat.

Lalu, bagaimana cara memasang game PPSSPP dengan ZArchiver? Tenang, saya akan menjelaskan langkah-langkahnya dengan detail dan mudah dipahami. Yuk, simak baik-baik tutorial berikut ini!

#1 Unduh dan Instal Aplikasi PPSSPP dan ZArchiver

Cara Install Aplikasi PPSSPP di Android

Langkah pertama adalah download aplikasi PPSSPP dan ZArchiver di smartphone Android kalian. Berikutnya bisa mendapatkan aplikasi PPSSPP dan ZArchiver secara gratis di Google Play Store. Berikut adalah tautan untuk mengunduh aplikasi PPSSPP dan ZArchiver:

Setelah download apps ZArchiver dan PPSSPP, kamu bisa menginstalnya dengan mengikuti petunjuk yang ada di layar. Pastikan memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menginstal aplikasi PPSSPP dan ZArchiver.

#2 Unduh File Game PSP (ISO/CSO)

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah mengunduh file game PSP yang diinginkan. File game PSP biasanya berformat ISO atau CSO, dan ukurannya bisa mencapai ratusan MB atau bahkan GB.

Silahkan cari file game PSP di internet dengan menggunakan mesin pencari seperti Google atau Bing. Kalian juga bisa mengunduh file game PSP dari situs-situs yang menyediakan game PSP secara gratis atau berbayar.

Beberapa situs yang bisa kalian kunjungi untuk mengunduh file game PSP adalah:

  • [Emuparadise]
  • [CoolROM]
  • [RomsMania]

Setelah menemukan file game PSP yang diinginkan, download hingga proses pengunduhan selesai. Pastikan koneksi internet yang stabil dan cepat untuk mengunduh file game PSP. Juga, pastikan kalian memiliki ruang penyimpanan yang cukup.

Doodle Champion Island Games 

#3 Buka Aplikasi ZArchiver dan Temukan File Game PSP

Langkah ketiga dalam proses ini adalah membuka aplikasi ZArchiver dan menemukan file game PSP yang baru saja diunduh. Biasanya, file tersebut berada di folder “Download” atau lokasi penyimpanan lain yang telah ditentukan saat mengunduh game PSP. File-game PSP umumnya berformat arsip, seperti ZIP, RAR, atau 7Z.

Untuk membuka ZArchiver, temukan ikon aplikasi tersebut di layar utama smartphone Android kalian, lalu ketuk untuk membukanya. Setelah masuk ke aplikasi, kalian akan dihadapkan dengan tampilan yang berisi daftar folder dan file yang ada di dalam smartphone Android.

Selanjutnya, gunakan tombol navigasi yang tersedia di aplikasi ZArchiver untuk menelusuri folder dan file. Carilah folder “Download” atau folder tempat kalian menyimpan file game PSP yang baru diunduh, dan bukalah dengan mengetuk nama folder tersebut.

Dalam folder tersebut, kalian akan menemui daftar file yang ada di dalamnya. Identifikasi file game PSP yang baru diunduh dengan melihat nama dan format file. File-game PSP umumnya memiliki nama sesuai dengan judul game dan berformat ZIP, RAR, atau 7Z.

Cara Membuat Nama Bussid Berwarna dengan Lebih Keren

#4 Ekstrak File Game PSP

Langkah keempat dalam tahapan ini melibatkan proses mengekstrak file game PSP yang sudah berhasil ditemukan. File game PSP yang diunduh umumnya berbentuk arsip ZIP, RAR, atau 7Z, dan tidak dapat langsung dimainkan di emulator PPSSPP. Oleh karena itu, perlu dilakukan ekstraksi untuk mendapatkan file game PSP dalam format ISO atau CSO, yang dapat dimainkan di emulator PPSSPP.

Untuk mengekstrak file game PSP, tekan dan tahan pada nama file game yang sudah ditemukan di aplikasi ZArchiver. Setelah itu, akan muncul menu pilihan di aplikasi ZArchiver, dan dari sana, kalian dapat memilih opsi “Ekstrak di sini” untuk mengekstrak file game PSP ke dalam folder yang sama dengan file arsipnya. Alternatifnya, kalian dapat memilih opsi “Ekstrak…” untuk mengekstrak file game PSP ke dalam folder pilihan kalian.

Setelah memilih opsi ekstraksi yang diinginkan, kalian akan melihat proses ekstraksi berlangsung di aplikasi ZArchiver. Penting untuk dicatat bahwa proses ini dapat memakan waktu beberapa menit atau bahkan lebih tergantung pada ukuran file game PSP yang sedang diekstrak. Sabarlah dan hindari menutup aplikasi ZArchiver selama proses ekstraksi berlangsung.

#5 Buka Emulator PPSSPP dan Temukan File Game PSP (ISO/CSO)

Langkah kelima, yang juga merupakan langkah terakhir, melibatkan proses membuka emulator PPSSPP dan menavigasi untuk menemukan file game PSP yang telah berhasil diekstrak sebelumnya. File game PSP yang sudah diekstrak biasanya berformat ISO atau CSO dan siap dimainkan di emulator PPSSPP.

Untuk membuka emulator PPSSPP, caranya adalah dengan menekan ikon PPSSPP yang terdapat di layar utama smartphone Android. Setelah itu, kalian akan diarahkan ke tampilan emulator PPSSPP yang memuat daftar game PSP yang sebelumnya pernah dimainkan. Untuk kembali ke layar utama emulator PPSSPP, tekan tombol “Home” yang terdapat di emulator.

Selanjutnya, untuk menemukan file game PSP yang telah diekstrak, navigasilah dengan menekan tombol “Game” pada layar utama emulator PPSSPP. Dari situ, kalian dapat mengakses daftar folder dan file di dalam smartphone Android kalian. Cari folder yang digunakan untuk mengekstrak file game PSP.

Setelah menemukan folder tersebut, bukalah dengan menekan nama folder tersebut. Di dalamnya, kalian akan menemukan daftar file, dan carilah file game PSP yang sudah diekstrak dengan melihat nama dan format file tersebut. File game PSP yang sudah diekstrak umumnya memiliki nama sesuai dengan judul game dan berformat ISO atau CSO.

Setelah menemukan file game PSP yang diinginkan, tekan file tersebut untuk memulai game di emulator PPSSPP. Kalian akan melihat layar loading yang menampilkan logo PPSSPP dan nama game. Setelah proses loading selesai, kalian akan masuk ke menu utama game tersebut. Dari sana, kalian dapat menyesuaikan pengaturan game, seperti grafis, suara, kontrol, dan sebagainya. Selain itu, emulator PPSSPP juga menyediakan fitur save state dan load state, yang memungkinkan kalian untuk menyimpan dan memuat permainan kapan saja sesuai kebutuhan.

Cara Setting The Warriors PPSSPP Tambah Maks

Selamat, kalian sudah berhasil memasang game PPSSPP dengan ZArchiver!

Setelah berhasil maka bisa menikmati game PSP di smartphone Android dengan mudah dan nyaman. Kalian juga bisa memasang game PSP lainnya dengan mengulangi langkah-langkah yang sudah saya jelaskan di atas.

Sekian artikel yang saya buat untuk kamu tentang cara memasang game PPSSPP dengan ZArchiver. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu untuk memainkan game PSP di Android. Jika kamu memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang juga suka main game PSP. Terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Bagikan:
Nayaki

Mengembangkan website, Optimasi SEO , Sejak 2014.