Cara cek hp Vivo asli, Membedakan KW dan Original

Cara Cek Vivo Asli Atau KW

Cara Cek HP Vivo Asli – Apakah kamu baru saja membeli HP Vivo atau berencana untuk membelinya? Jika iya, kamu harus berhati-hati karena banyak beredar HP Vivo palsu di pasaran.

Ponsel Vivo KW adalah HP yang meniru desain dan spesifikasi Vivo original, tetapi memiliki kualitas yang jauh lebih rendah dan tidak bergaransi resmi.

HP Vivo palsu bisa merugikan kamu baik secara finansial maupun keamanan. Kamu bisa membayar lebih mahal untuk HP yang tidak sesuai dengan ekspektasi kamu.

Selain itu, produk KW juga bisa membahayakan data pribadi kamu karena bisa saja terinfeksi virus atau malware. Belum lagi, produk KW juga bisa mudah rusak atau bermasalah karena kualitasnya yang buruk.

Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar membedakan mana Vivo asli dan mana yang  palsu.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek keaslian HP Vivo kamu. Cara-cara ini bisa kamu lakukan sebelum atau sesudah membeli HP Vivo. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui cara cek HP Vivo asli.

Cara Cek HP Vivo Asli Sebelum Membeli

Sebelum memutuskan untuk membeli HP Vivo, penting untuk memastikan keaslian produk tersebut agar tidak terjebak membeli HP Vivo palsu yang dapat menimbulkan kerugian finansial dan keamanan data.

Ada beberapa cara cek Vivo asli dan membedakan dengan BM Maupun KW yang dapat kalian terapkan untuk memeriksa keaslian produk sebelum membelinya:

1. Periksa Kemasan dan Segel HP Vivo

Cara pertamadapat dilihat dari kemasan, jadi pastikan kalian memeriksa kemasan HP Vivo dengan teliti.

Ponsel Vivo asli biasanya memiliki kemasan yang rapi, dengan logo dan tulisan Vivo yang jelas dan tajam.

Pastikan tidak ada tanda-tanda kemasan yang rusak atau segel yang tampak tidak asli. Segel hologram yang tidak mudah dihapus atau dipalsukan biasanya menunjukkan bahwa HP Vivo tersebut adalah produk resmi dan belum pernah dibuka sebelumnya.

2. Periksa Nomor IMEI dan S/N HP Vivo

Nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) dan S/N (Serial Number) adalah identifikasi unik yang diberikan pada setiap HP. Anda bisa menemukan nomor-nomor ini di belakang HP Vivo atau di dalam kemasan.

Cara cepat untuk memeriksa nomor IMEI Vivo adalah dengan mengetik *#06# pada layar HP.

Pastikan nomor IMEI dan S/N yang tertera di kemasan cocok dengan yang ada di HP. Jika ada perbedaan atau nomor-nomor tersebut tidak ada, bisa jadi HP Vivo tersebut palsu.

3. Periksa Spesifikasi dan Fitur HP Vivo

HP Vivo asli akan memiliki spesifikasi dan fitur yang sesuai dengan yang diiklankan oleh Vivo. Kalian dapat memeriksa ini dengan membuka menu pengaturan atau settings pada HP Vivo.

Periksa informasi seperti model, versi Android, kapasitas memori, kamera, baterai, dan fitur-fitur lain yang diiklankan. Cobalah beberapa fitur khas Vivo seperti Funtouch OS atau Smart Wake untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik.

4. Beli HP Vivo di Toko Resmi atau Terpercaya

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan HP Vivo asli adalah dengan membelinya di toko resmi atau platform online yang terpercaya. Pastikan untuk memeriksa reputasi penjual dan ulasan dari pembeli sebelum melakukan pembelian.

Hindari tergoda oleh harga yang terlalu murah dari penjual yang tidak jelas asal-usulnya, karena ini bisa menjadi tanda adanya penjualan HP Vivo palsu atau BM (black market).

Dengan mengikuti cara cek Vivo Asli dan KW di atas, kalian dapat lebih percaya diri saat membeli HP Vivo dan menghindari risiko mendapatkan produk yang palsu.

Pastikan untuk selalu memeriksa dengan teliti sebelum memutuskan untuk membeli, sehingga kalian bisa mendapatkan pengalaman menggunakan ponsel Vivo yang sesuai dengan harapan.

Cara Mematikan Google Assistant di Vivo

Cara Cek HP Vivo Asli Setelah Membeli

Setelah membeli HP Vivo, Anda masih bisa melakukan beberapa langkah verifikasi tambahan untuk memastikan keaslian produk tersebut. Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan:

1. Cek Garansi Resmi HP Vivo

Saat produk sudah dibeli, kalian juga memeriksa apakah smartphone Vivo kalian dilengkapi dengan garansi resmi dari Vivo Indonesia.

Garansi resmi biasanya berlaku selama satu tahun dan merupakan indikasi kuat bahwa ponsel Vivo tersebut adalah produk asli.

Kalian dapat memeriksa status garansi dengan mengunjungi situs web resmi Vivo Indonesia dan memasukkan nomor IMEI HP Vivo di kolom yang tersedia.

Sebagai Alternatif juga bisa menghubungi layanan pelanggan Vivo melalui nomor yang tertera di situs resmi.

2. Gunakan Aplikasi Vivo Easy Share

Aplikasi Vivo Easy Share tidak hanya berguna untuk mentransfer data antar HP, tetapi juga dapat digunakan untuk memverifikasi keaslian HP Vivo. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Vivo Easy Share di HP Vivo Anda.
  • Pilih menu “Tentang” atau “About” yang biasanya berada di pojok kanan atas.
  • Tekan tujuh kali pada tulisan “Vivo Easy Share” hingga muncul pesan “Anda telah masuk ke mode pengembang” atau “You have entered developer mode”.
  • Selanjutnya, tekan tiga kali pada tulisan “Vivo Easy Share” hingga muncul pesan “Anda telah masuk ke mode cek keaslian” atau “You have entered authenticity check mode”.
  • Informasi yang ditampilkan setelah itu akan memberikan detail tentang keaslian HP Vivo Anda, seperti status, model, IMEI, S/N, warna, tanggal produksi, dan lokasi produksi.

3. Cek Melalui Situs Web Vivo Global

Vivo Global juga menyediakan layanan untuk memeriksa keaslian produk mereka melalui situs web resmi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs web Vivo Global menggunakan browser di HP Vivo Anda.
  • Temukan dan pilih menu “Dukungan” atau “Support” yang biasanya terletak di pojok kanan atas halaman.
  • Pilih opsi “Layanan” atau “Service”.
  • Lanjutkan dengan memilih menu “Cek Keaslian” atau “Authenticity Query”.
  • Masukkan nomor IMEI HP Vivo Anda di kolom yang tersedia.
  • Tekan tombol “Cek” atau “Check”.
  • Anda akan diberikan informasi terkait keaslian HP Vivo Anda, termasuk status, model, warna, tanggal produksi, dan lokasi produksi.

Pentingnya Memastikan Keaslian Ponsel Vivo

Memastikan keaslian HP Vivo setelah membeli sangat penting untuk menghindari masalah di masa mendatang terkait garansi, layanan purna jual, dan perlindungan data. Dengan melakukan pengecekan menggunakan cara-cara di atas, Anda dapat lebih yakin bahwa HP Vivo yang Anda miliki adalah produk asli dan bukan barang palsu atau BM (black market).

Dengan begitu, Anda dapat menikmati penggunaan HP Vivo dengan lebih tenang dan memanfaatkan semua fitur dan layanan yang disediakan oleh Vivo secara optimal.

Cara Mengatasi HP Vivo Palsu

Jika Anda menemukan bahwa HP Vivo Anda adalah palsu, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil:

1. Kembalikan ke Penjual

Mencoba untuk mengembalikan HP Vivo palsu ke penjual dengan membawa bukti pembelian dan komunikasi yang jelas.

2. Laporkan ke Pihak Berwenang

Jika merasa dirugikan, laporkan penjual kepada pihak berwenang untuk mencegah penjualan HP Vivo palsu kepada konsumen lain.

3. Gunakan dengan Bijak

Jika tidak dapat mengembalikan atau melaporkan, Anda bisa memanfaatkan HP Vivo palsu dengan menginstal aplikasi keamanan untuk melindungi data pribadi Anda.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo semua Funtouch

Kesimpulan

Itulah cara cek HP Vivo asli dengan mudah dan cepat. Kamu bisa mengecek keaslian HP Vivo kamu sebelum atau sesudah membeli HP Vivo.

Kamu bisa memperhatikan kemasan, segel, nomor IMEI, S/N, spesifikasi, fitur, garansi, dan keaslian ponsel Vivo kamu melalui aplikasi Vivo Easy Share atau situs web Vivo Global.

Jika Smartphone kalian adalah asli, kamu bisa menikmati kualitas dan layanan terbaik dari Vivo. Namun apabila ternyata KW, kamu bisa mengembalikan, melaporkannya

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mengecek keaslian HP Vivo kamu. Jika kamu memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tags:

Share:

Related Post